KONSEP DASAR GEOMETRI RUANG

Posted: January 7, 2014 in Bangun Ruang

Ruang dalam arti sempit terbentuk oleh adanya banyak bidang (minimal empat bidang). Kumpulan bidang tersebut terdapat istilah-istilah titik sudut, sisi,dan rusuk, seperti gambar berikut ini.

Image

Ada hubungan antara titik sudut (T), sisi (S) dan rusuk (R), yaitu yang disebut

Rumus Euler: T + S – R = 2

Unsur-unsur bangun ruang yang dikenal berupa sisis, rusuk, dan titik sudut.

  1. Sisi adalah sekat atau perbatasan bagian dalam dan bagian luar. Pada bangun ruang ada sisinya yang datar seperti kubus, balok, prisma, limas dan sebagainya, namun ada juga sisi yang melengkung seperti tabung, bola dan kerucut.
  2. Rusuk merupakan perpotongan dua bidang sisi pada bangun ruang sehingga merupakan ruas garis. Ada rusuk yang berupa garis lurus seperti pada kubus, balok, prisma, limas dan sebagainya, namun ada juga rusuk yang melengkung seperti tabung dan kerucut.
  3. Titik sudut merupakan perpotongan tiga bidang atau potongan tiga rusuk atau lebih.

Jika kita sedang berhadapan dengan masalah-maslah yang berhunbungan bangun ruang-bangun ruang seperti di atas akan sangat membantu jika kita dapat membayangkan atau dapat menggambarkannya. Untuk itu kita harus mengenal cirri-ciri khusus dan rumus-rumus yang berkaitan dengan bangun ruang tersebut. Berikut adalah cirri-ciri khusus dan rumus-rumus yang dapat digunakan.

Leave a comment