PENTINGNYA KETERAMPILAN BAHASA untuk ANAK SD

Posted: December 1, 2013 in Bahasa indonesia

Oleh : Ratna Wahyu H

Dewasa ini memang tidak dapat dipungkiri bahwa komunikasi itu sangat penting. Di kehidupan sehari-haripunkita memerlukan komunikasi.Tanpa komunikasi kita tidak dapat mencurahkan luapan emosi, gagasan, fakta, perasaan,pikiran kita. Sehingga perlu adanya komunikasi, sedangkan agar tercapainya kualitas komunikasi yang baik kita harus menguasai keterampilan berbahasa seperti keterampilan mendengarkan/menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, keterampilan menulis.

Keterampilan berbahasa ini ada yang dibawa sejak lahir. Tapi tidak menutup kemungkinan ketika kita mau berlatih secara intensif pasti kita akan menguasainya.

Mengantisipasi agar lancar dalam keterampilan berbahasa  salah satunya sejak Sekolah Dasar digencar-gancarkan penanaman empat ketermpilan berbahasa tersebut. Sehingga pada usia ini anak sudah memiliki bekal dasar keterampilan berbahasa. Cara melatih ketermpilan berbahasa usia SD tidak mudah. Meski di sekolah dilatih keterampilan itu akantetapi di rumah pun harus dilatih, karena anak cenderung lebih memiliki banyak waktu di rumah daripada di sekolah.

Menurut teori Piaget masa usia SD ini masa operasional konkret, dimana dalam menjelaskan sebuah pernyataan itu dengan hal-hal nyata yang dapat dipahami oleh si anak, selain itu anak juga masih mempunyai naluri untuk bermain-main. Sehingga cara melatih keterampilan berbahasa ini  harus dengan hal yang mudah anak pahami dan menyenangkan Misal untuk meningkatkan kualitas keterampilan berbahasa anak, orang tua menyediakan buku-buku cerita yang disukai anak dan memiliki amanat sehingga anak tidak hanya dapat gemar membaca akantetapi juga mendapatkan suatu penemuan baru dan dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Selain itu orang tua juga harus sering berkomunikasi pada anak misal dengan mengawasi anak saat membuat PR atau nonton TV, membacakan cerita, bercengkrama dan sebagainya. Sehingga itu dapat menjadikan mindset anak, bahwa komunikasi itu menyenangkan dan anakpun termotivasi untuk mengembangkan kemampuan berbahasa baik menyimak, berbicara, membaca, menulis. Ketika memasuki sekolah menengah anak tidak kagok lagi dalam berkomunikasi.

Leave a comment